Kamis, 05 Januari 2012

Perkembangan Telematika di Indonesia

Telematika merupakan singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika, merupakan dua aspek yang tidak dapat dipisahkan, karena merupakan kegiatan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi.

Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:

• Ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.

• Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global.

• Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas.

Telematika juga mempunya berbagai ragam bentuk yg merupakan aplikasi yang sudah berkembang diberbagai sektor, bentuk-bentuknya adalah:

1. E-goverment
Merupakan administrasi pemerintahan secara elektronik. Indonesia mempunyai satu badan yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI). TKTI mempunyai tugas mengkoordinasikan perencanaan dan mempelopori program aksi dan inisiatif untuk menigkatkan perkembangan dan pendayagunaan teknologi telematika di Indonesia, serta memfasilitasi dan memantau pelaksanaannya.

2. E-commerce
Mempunyai prinsip transaksi jual beli, tetapi transaksi perdagangan secara online. seperti memasang iklan pada berbagai situs atau web, membuat pesanan atau kontrak, mentransfer uang, dll.

3. E-learning
Pembuatan web-web di sekolah atau di kampus atau dapat juga disebut sebagai web bertema pendidikan. Sebagian besar kampus-kampus dan sekolah-sekolah di Indonesia memiliki web, ini dapat membantu pembelajaran.

Selama perkembangan telematika di Indonesia memberikan kemudahan dalam berbagai hal seperti meningkatkan kinerja usaha, menghemat biaya, dan memperbaiki kualitas produk. Masyarakat juga mendapat manfaat ekonomis dan peningkatan kualitas hidup.

Indonesia berusaha untuk tidak tertinggal dengan negara lain menyangkut telematika. Dengan dirintis oleh beberapa orang yang berdedikasi pada dunia akademisi, pengenalan dunia telematika mulai dilakukan seiring berkembangnya situasi politik dan ekonomi.

Dukungan politik pemerintah dengan berbagai kebijakannya, lebih mengembangkan telematika di Indonesia, seperti industri, serta pengaruh luar negeri mengambil peranan penting disamping ketertarikan masyarakat yang membutuhkannya.

Perkembangan telematika di Indonesia mengalami peningkatan, sejalan dengan perkembangan teknologi. Di masa depan, telematika di Indonesia memiliki potensi yang tinggi, baik itu untuk kemajuan bangsa, maupun pemberdayaan sumber daya manusianya.

Tidak ada komentar: