Kamis, 05 Januari 2012

Green IT

Green IT merupakan gerakan penghematan sumber daya IT yang bertujuan membuat system computer yang ramah lingkungan. Karena Green IT meminimalisasi penggunaan bahan-bahan berbahaya bagi lingkungan. Hal ini berdampak positif karena Green IT dapat menekan biaya operasional.

Green IT melibatkan beberapa pihak, antara lain :

1. Produsen

a. Produsen Hardware
Berperan untuk dapat menciptakan hardware yang hemat energi dan memakan sedikit daya listrik. Ini dapat mengurangi penggunaan minyak bumi.

b. Produsen Software
Harus dapat menggunakan algoritma yang simple, sehingga dapat mengurangi waktu penggunaan computer oleh user. Dapat juga menciptakan software yang mampu menggantikan pekerjaan mesin-mesin yang menggunakan energi yang cukup besar, juga dapat membuat software atau program yang meminimalisir penggunaan kertas.

2. Konsumen
a. Pemerintah
Pemerintah harus mulai membuat sistem yang terkomputerisasi, dalam hal ini pemerintah sudah mulai berperan, dengan adanya E-KTP.

b. Perusahaan
Berbagai transaksi jual beli, Penggajian yang masih menggunakan kertas. Hal ini masih banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia, karena belum terkomputerisasi.

c. Personal User
Sebagai sesama user pengguna komputer sebaiknya lebih bijak atau teliti sebelum print atau mencetak. Hal ini dapat mengurangi pemborosan kertas. Dan juga memperhatikan penggunaan durasi komputer seperti mematikan komputer ketika tidak digunakan.

Tidak ada komentar: