Jumat, 20 April 2012

Etika Dan Moral



Etika merupakan aturan perilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antar sesama dan dapat juga membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Terdapat 2 macam etika, yaitu :
Etika Deskriptif
Etika yang menilai perilaku manusia dalam kondisi tertentu dan bertindak secara etis.





Etika Normatif
Etika yang merupakan norma-norma untuk menuntun manusia untuk berperilaku baik dan menghindarikan hal-hal yang buruk.

Moral merupakan pembeda manusia dengan makhluk Tuhan lainnya. Karena moral merupakan tingkah laku seseorang untuk membedakan baik dan buruk.

Etika tidak mempersoalkan keadaan manusia, melainkan mempersoalkan bagaimana manusia harus bertindak. Selain itu, etika juga bukan merupakan sistem norma yang langsung dapat membuat manusia menjadi lebih baik, melainkan sarana untuk memperoleh orientasi kritis berhadapan dengan pelbagai moralitas yang membingungkan. Peranan etika menjadi nyata ketika etika diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam tingkah laku dan pergaulan hidup manusia, pergaulan ilmiah, maupun dalam etika profesi.




Sehingga etika dan moral ini dapat berhubungan dengan banyak hal, salah satu contohnya adalah dengan Teknologi. Teknologi sebenarnya hanya sebagai alat. Faktor yang terpenting adalah manusia itu sendiri. Jangan sampai manusia membiarkan dirinya dikuasai oleh teknologi tetapi kita harus bisa mengalahkan tekhnologi, karena teknologi dikembangkan untuk membantu manusia dalam melaksanakan aktifitasnya. Semakin pesatnya teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini menunjukkan bahwa tidak adanya batas antara mana yang bersifat publik dan mana yang bersifat privasi. Teknologi yang ada terutama internet juga memberikan berbagai macam efek terhadap pola hidup manusia, sangat bermanfaat sebagai media untuk belajar,  komunikasi promosi,dan sebagainya.

Pelanggaran-pelanggaran juga sering terjadi dalam dunia teknologi, mulai dari pelanggaran hak cipta, pencemaran nama baik, cyberstalking, spamming, hacking maupun cracking. Dari sini etika sangat diperlukan, bagaimana sikap kita dalam berteknologi dan saat menjelajahi dunia maya.

Kita sebagai pengguna teknologi seharusnya mau belajar mengenai norma dan etika dalam menggunakan teknologi, komputer dan teknologi lainnya.

Tidak ada komentar: